Layanan Kami




Latest News

Selasa, 23 Februari 2016

Pengertian Yayasan dan Organ Yayasan

etak langsung ke pdf atau langusng kirim via email
Pengertian Yayasan : Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan, yang tidak mempunyai anggota.

Yayasan mempunyai organ yang terdiri atas Pembina, Pengurus, dan Pengawas.
Pengurus yayasan sekurang – kurangnya terdiri dari : Ketua, Sekertari, Bendahara dan anggota yayasan. Anggota Pembina tidak boleh merangkap sebagai anggota Pengurus dan/atau anggota Pengawas. Anggota Pembina, Pengurus, dan Pengawas Yayasan dilarang merangkap sebagai Anggota Direksi atau Pengurus dan Anggota Dewan Komisaris atau Pengawas dari badan usaha yang didirikan oleh yayasan tersebut sesuai dengan ketentuan pasal 7 UU No 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

-       Pembina adalah organ Yayasan yang mempunyai kewenangan yang tidak diserahkan kepada Pengurus atau Pengawas oleh Undang-undang ini atau Anggaran Dasar. Yang dapat diangkat menjadi anggota Pembina adalah orang perseorangan sebagai pendiri Yayasan dan/atau mereka yang berdasarkan keputusan rapat anggota Pembina dinilai mempunyai dedikasi yang tinggi untuk mencapai maksud dan tujuan Yayasan.

Kewenangan Pembina yayasan meliputi:
a.    keputusan mengenai perubahan Anggaran Dasar;
b.    pengangkatan dan pemberhentian anggota Pengurus dan anggota Pengawas;
c.    penetapan kebijakan umum Yayasan berdasarkan Anggaran Dasar Yayasan;
d.    pengesahan program kerja dan rancangan anggaran tahunan Yayasan; dan
e.    penetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran Yayasan.

-       Pengurus adalah organ Yayasan yang melaksanakan kepengurusan Yayasan. Yang dapat diangkat menjadi Pengurus adalah orang perseorangan yang mampu melakukan perbuatan hukum. Pengurus Yayasan diangkat oleh Pembina berdasarkan keputusan rapat Pembina untuk jangka waktu selama 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.

Susunan Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas :
a.    seorang ketua;
b.    seorang sekretaris; dan
c.    seorang bendahara.


-       Pengawas adalah organ Yayasan yang bertugas melakukan pengawasan serta memberi nasihat kepada Pengurus dalam menjalankan kegiatan Yayasan. Yang dapat diangkat menjadi Pengawas adalah orang perseorangan yang mampu melakukan perbuatan hukum. Pengawas tidak boleh merangkap sebagai Pembina atau Pengurus. Yayasan memiliki Pengawas sekurang-kurangnya 1 (satu) orang Pengawas yang wewenang, tugas, dan tanggung jawabnya diatur dalam Anggaran Dasar. Pengawas Yayasan diangkat oleh Pembina berdasarkan keputusan rapat Pembina untuk jangka waktu selama 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.

Pendirian yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dengan memisahkan sebagian harta kekayaan pendirinya, sebagai kekayaan awal dan dilakukan dengan akta notaris
dan dibuat dalam bahasa Indonesia.  Dalam pembuatan akta pendirian Yayasan, pendiri dapat diwakili oleh orang lain berdasarkan surat kuasa yang diberikan oleh para pendiri yayasan kepada http://lawyer.fahrul.com untuk menghadap kenotaris, menandatangani, menyerahkan berkas dan mengambil akta yayasan beserta salinan dan pengesahan menteri hukum dan Ham dalam surat kuasa yang terlampir dalam halaman Pendirian Yayasan. Sesuai dengan ketentuan pasal 10 ayat (1) UU No 16 Tahun 2001.

Yayasan memperoleh status badan hukum setelah akta pendirian memperoleh pengesahan dari Menteri dengan mengajukan permohonan kepada Menteri melalui Notaris yang membuat akta pendirian Yayasan tersebut. Dengan menggunakan layanan jasa http://lawyer.fahrul.com dalam pendirian yayasan, sudah termasuk dengan akta pendirian yayasan dan pengesahan menteri. Para pendiri cukup menyerahkan lampiran berkas yang dibutuhkan dalam halaman pendirian yayasan.







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pengertian Yayasan dan Organ Yayasan Description: Rating: 5 Reviewed By: Anonim
Scroll to Top